Saling berbagi dan menebar hikmah. Semoga catatan-catatan di blog ini bermanfaat. Salam ukhuwah fillaah. ^_^
RSS

Pasrah aje dech…!!!!


Sikap tawakal adalah sikap  yang bukan pasrah tanpa adanya tindakan aktif. Allah SWT memerintahkan berbuat tawakal berarti menyandarkan segala ketetapan kepada Allah SWT, tanpa berikhtiar. Betul, Allah-lah yang menghendaki sesuatu sehingga terjadilah, tapi Allah juga memerintahkan makhluk-Nya untuk mengubah keadaan hasil tangannnya. Allah yang akan memberi keputusan-Nya terhadap apa yang kita usahakan.

Jadi perubahan yang terjadi adalah perubahan yang dipengaruhi juga oleh berubahnya makhluk. Bersembunyi di balik kata tawakal tanpa usaha adalah kebodohan. Ibarat orang mengharap buah tanpa menanam pohonnya.

Pernah Rasulullah bertanya kepada sahabat kerena sahabatnya itu tidak mengikat kudanya. Sahabatnya menjawab bahwa ia telah bertawakal kepada Allah SWT. Namun Nabi saw mengatakan bahwa yang dimaksud tawakal adalah mengikat kudanya dahulu baru kemudian pasrah kepada Allah terhadap apa yang terjadi nantinya.

Jadi, tawakal bukanlah sikap pasif, tapi tindakan aktif. Namun tidak menggantungkan sepenuhnya pada usaha kita. Tetap menggantungkan dan menyandarkan segala usaha kepada Allah, terserah Allah mengabulkannya ataupun tidak mengabulkannya.

Sabar, sikap ini harus dimiliki dan dikembangkan, dan diharapkan ada pada pribadi muslim. Sabar bukan berarti tidak bertindak apapun, membiarkan orang lain mendzalimi kita. Sabar adalah sikap merelakan/ridho terhadap segala kenikmatan dan musibah yang menimpa diri kita.


*Dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar